46 Petugas Admin E- MTQ Ikut Bimtek

Banda Aceh | Dinas Syariat Islam (DSI) Aceh melalui UPTD Pengembangan dan Pemahaman Al-Qur’an (PPQ) menggelar bimbingan teknik (bimtek) e-MTQ bagi petugas Kabupaten/Kota MTQ Provinsi Aceh, di Aula hotel Madinatul Zahra, Banda Aceh. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari yaitu tanggal 11 dan 12 Agustus 2021, dibuka Kepala DSI Aceh, Dr EMK Alidar S. Ag, M.Hum.

Dalam sambutannya kadis mengatakan kegiatan ini merupakan kali yang ketiga dan dilaksanakan  dengan tidak melanggar aturan PPKM serta mematuhi protokol kesehatan.

Lanjutnya, penerapan aplikasi e-MTQ merupakan kemajuan dalam hal teknologi tujuannya untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan dan supaya mudah diawasi oleh masyarakat sehingga proses pendaftaran hingga pelaksanaan benar-benar transparan.

Ia menegaskan bagi petugas yang telah ditunjuk harus benar-benar menguasai sistem elektronik. “Sistem elektronik memudahkan semua pihak untuk bisa mengontrol dan mencegah penipuan data peserta, serta mendukung kebijakan pemerintah tentang keterbukaan informasi publik sesuai undang-undang nomor 25 Tahun 2014,” paparnya seraya menambahkan, yang terpenting bagi tim admin harus benar-benar menjaga integritas dan komitmen dalam melaksanakan tugas, agar pelaksanaan MTQ Aceh semakin baik di masa mendatang.

Ia juga menginformasikan apa yang dilakukan ini adalah salah satu persiapan menjelang pelaksanaan MTQ ke XXXV di Bener Meriah yang seyogyanya akan dilaksanakan pada bulan November 2021 namun mengalami pergeseran waktu ke tahun 2022.

“Pergeseran waktu MTQ merupakan instruksi dari pusat, semoga pandemi segera berakhir dan kita bisa hidup normal kembali. Kita berharap dengan penundaan ini, pelaksaan MTQ nantinya akan lebih baik dan lebih meriah”, ujar Kadis.

Sebelumnya Kasi Penyelenggaraan Pengembangan Kelembagaan Al-Qur’an, Musliadi, S. Sos. I. MA dalam laporan panitia menyampaikan, bimtek petugas e- MTQ dilaksanakan selama dua hari yang diikuti 46 orang utusan DSI kabupaten/kota se-Aceh. Diharapkan sistem digitalisasi ini mampu menjawab kebutuhan zaman dalam hal seleksi peserta MTQ baik di level provinsi maupun nasional.

Turut hadir dalam kegiatan bimtek antara lain Sekretaris DSI Aceh, Muhibuthibri, S. Ag; Kepala UPTD PPQ, Hamdani, S. Ag., MH; Kasi Bimbingan dan Pelatihan T. Mardhatillah, SHI., MH; Kasubbag TU PPQ, Muhammad Khudri, SE., M. Si serta panitia dari DSI Aceh.

Hadir sebagai pemateri dalam bimtek tersebut antara lain H. Zulfikar, S. Ag., MA (Urgensi dan Cara Kerja Aplikasi e-MTQ); Rahmawati STH (Praktek Aplikasi e-MTQ); dan Sanaul Khair, SHi (Praktek Aplikasi e-MTQ). (Lilis Suriani)