LPTQ Aceh Terima Kunjungan LPTQ Kota Tual

Banda Aceh | “Kami melihat Aceh memiliki kesamaan visi dan misi dengan Kota Tual yang beradab dan beriman  sehingga kami menjadikan Aceh sebagai tujuan studi banding. Kekuatan Aceh yang luar biasa saat diterpa dengan ujian gelombang tsunami tahun 2004 yang lalu membuat kami sangat simpati, oleh karena itu kami datang dari jauh ingin melihat Aceh secara konstektual,” ujar Achmad Yani Renuat selaku ketua rombongan sekaligus Sekda Kota Tual saat menyampaikan maksud kedatangannya.

Turut hadir dalam rombongan tersebut antara lain H. Abdullah Notanusun (Sekwan DPRD), Rini. A (Asisten I), Zacki Kabalmay (Asisten III Bid. Administrasi Umum), H. Echan Rumaf (Kasi Pendidikan), Yuni Tamngi (Ibu Wakil Walikota), Faramina Tamher (Ibu Sekda), dan para pengurus LPTQ Kota Tual.

Sementara dalam sambutan selamat datang, ketua harian LPTQ Aceh, Hamdani, S. Ag., MH mengatakan antara Aceh dan Maluku memiliki kondisi geografis dan kultur yang mirip, termasuk fisik yang hampir menyerupai, melalui silaturahmi ini ia berharap dapat saling berbagi ilmu dan pengalaman untuk kemajuan LPTQ daerah masing-masing.

Pada kesempatan tersebut, Sekda mengatakan antara Aceh dengan Maluku khususnya Kota Tual mempunyai karakter yang sama walaupun dinamika yang berbeda, persentase pemeluk muslim dengan nonmuslim berjumlah fifty-fifty, namun di Kota Tual mayoritas memeluk agama Islam.

“Adapun  alasan spesifik tujuan kedatangan kami adalah untuk pengembangan LPTQ, bagaimana langkah dan strategi sistem pembinaan LPTQ untuk menjadikan generasi qur’ani, serta struktur pembinaan apakah menggunakan qari-qariah profesional atau ASN yang ditugaskan oleh pemerintah daerah, “  demikian beberapa pertanyaan yang dilontarkan oleh Sekda.

Kemudian T. Mardhatillah, S. HI., MH selaku pengurus LPTQ menjelaskan trik dan kiat-kiat sukses yang dijalankan LPTQ Aceh tentang metode pembinaan dan penjaringan qari-qariah yang berkualitas termasuk hierarki kepengurusan LPTQ Aceh dimana secara struktural ketua umum LPTQ adalah wakil gubernur kemudian dibawahnya ada yang berasal dari profesional dan ada pula kolaborasi antara Pemda dan Kanwil.

Di akhir pertemuan Sekda berharap mendapatkan kunjungan balasan dari LPTQ Aceh dan mengucapkan terima kasih atas apresiasi LPTQ Aceh dalam menerima LPTQ Kota Tual serta transfer ilmu dari barat ke timur Indonesia.

Sementara dari LPTQ Aceh juga dihadiri oleh Muhammad Kudri, Sy, SE, M. Si (Kepala Subbag TU PPQ); Musliadi S. Sos. I, MA (Kasi PPKA); serta para pengurus LPTQ Aceh lainnya. (Lilis Suriani)