Seleksi Angkatan II Terhadap 60 Calon Peserta STQH Nasional Selesai Hari Ini

BANDA ACEH | Dinas Syariat Islam Aceh melalui UPTD PPQ, hari ini, Senin, 8 Maret 2021 menyelesaikan seleksi angkatan II calon peserta STQHN (Seleksi Tilawatil Quran Hadist Nasional) yang akan berlangsung Oktober 2021 di Provinsi Maluku Utara.

Kepala UPTD PPQ Dinas Syariat Islam Aceh, Hamdani, S. Ag, MH melalui Kasi Bimbingan dan Pelatihan, Ustaz T. Mardhatillah, S.HI, MH mengatakan, ada 60 calon peserta STQHN 2021 yang mengikuti seleksi angkatan II dan dijadwalkan selesai, Senin, 8 Maret 2021.

Ke-60 calon peserta tersebut diseleksi oleh pelatih nasional dan pelatih provinsi. Peserta yang terpilih akan dipanggil untuk mengikuti TC selama 35 hari yang direncanakan berlangsung tiga tahap.

“Pengumuman peserta terpilih akan disampaikan melalui suratpanggilan melalui bupati/wali kota masing-masing,” kata Ustaz Mardhatillah.

Peserta yang terpilih akan dipantau lagi kemampuan mereka melalui TC. Jika tidak memenuhi syarat tidak akan diberangkatkan mengikuti STQHN 2021 di Provinsi Mauluku Utara pada Oktober mendatang.

“Kami harapkan para peserta terus mengasah kemampuan, jangan malas dan jangan santai, karena meski sudah terpilih, belum tentu berangkat,” demikian Ustaz Mardha.

Seperti diberitakan, Aceh mulai mempersiapkan calon peserta yang akan dikirim sebagai duta provinsi ini ke STQHN XXVI yang dijadwalkan berlangsung Oktober 2021 di Provinsi Maluku Utara.

Sementara Kepala Dinas Syariat Islam (DSI) Aceh, Dr. EMK Alidar, S.Ag, M.Hum mengatakan, salah satu persiapan yang dilakukan DSI Aceh untuk menghasilkan peserta terbaik dan siap berlomba di ajang STQHN 2021 adalah melakukan seleksi calon peserta.

Pembukaan seleksi calon peserta STQHN XXVI Tahun 2021 berlangsung di Aula Gedung LPTQ Aceh, Selasa, 2 Maret 2021.

Menurut EMK Alidar didampingi Kepala UPTD PPQ, Hamdani, S. Ag, MH, seleksi dilaksanakan dua angkatan.

Angkatan I berlangsung pada 2-4 Maret 2021 sedangkan Angkatan II pada 6-8 Maret 2021.

Menurut Ustaz Mardhatillah cabang/golongan yang diseleksi adalah tilawah anak-anak dan dewasa, tahfizh 1, 5, 10, 20, dan 30 juz, tafsir Bahasa Arab serta hafalan 100 dan 500 hadist. (dsi/Redaksi)